Tips sehat saat Berpuasa

Diposting oleh Mus Lim on Rabu, 02 Juli 2014

makanan mengandung serat
Pada bulan suci Ramadhan umat islam di wajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Tidak makan mulai sebelum shubuh sampai maghrib, dengan berubahnya pola makan yang biasanya siang makan diganti pada malam dan pagi hari tentu perlu penyesuaian dari tubuh kita. Jika kita tidak pintar dalam memilih asupan makanan yang masuk kedalam tubuh kita maka tentu akan terjadi hal-hal seperti lemas, pinginnya tidur mulu alias tidak bersemangat. Selain asupan makanan yang bagus, asupan rohani juga menjadi sangat penting karena akan meningkatkan semangat dan motivasi yang kuat.

Pada coretan artikel kali ini kami ingin berbagi "Tips Sehat saat Berpuasa" dilihat dari sisi asupan makanan yang bagus dan asupan Rohani yang cukup. Baik kita bahas satu persatu mulai dari asupan makanan yang bagus. Makanan seperti apa yang sangat dianjurkan oleh orang yang sedang berpuasa? Makanan yang diperlukan tubuh saat kita berpuasa adalah bukan makanan yang hanya mengenyangkan saja akan tetapi harus yang kaya akan serat. Buah Kurma merupakan buah yang kaya akan serat, magnesium dan kalium yang sangat bagus untuk memasok energi, sangat dianjurkan di konsumsi saat berbuka puasa. Sedangkan saat sahur juga disarankan untuk makan makanan yang mengandung serat lain seperti sayuran, kacang-kacangan, sereal. 

tips sehat saat berpuasa
Beberapa makanan yang kaya akan serat bisa digantikan oleh produk kesehatan jika kita tidak menyukai atau tidak cocok makan sayur misalnya saat sahur. Ganti saja dengan mengkonsumsi Produk K-Liquid Chlorophyll atau K-Biogreen. Kedua produk tersebut memenuhi kebutuhan serat yang kita butuhkan karena bahan-bahan produk tersebut berasal dari sayuran (klorofil) dan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan (Boigreen). 

Selain itu Air putih juga sangat bagus untuk menjaga tubuh kita agar tidak kekurangan air saaat berpuasa. Dianjurkan kita minum air putih antara 2.5 liter (pria) - 2 liter (perempuan) setiap hari. Gimana caranya kita mengkonsumsi air sebanyak itu ? Caranya adalah 2 gelas saat berbuka, 4 gelas setelah sholat tarawih dan 2 gelas saat sahur. Dengan begitu tubuh kita tidak akan mengalami kekurangan pasokan air didalam tubuh.

Satu lagi minuman yang bisa dikonsumsi saat sahur agar daya tahan tubuh dan tetap berenergi saat berpuasa yaitu Susu. Jika memungkinkan keuangan kita cukup untuk membeli susu maka disarankan untuk mengkonsumsinya. Atau jika tidak ada bisa minum K-Liquid Chlorophyll karena selain sebagai sayuran klorofil juga berfungsi menjaga stamina tetap fit dan kuat.

Nah terkait dengan asupan Rohani, saat berpuasa rohani kita harus selalu di isi dengan asupan ilmu tentang keislaman agar paham sehingga menimbulkan keyakinan. Menjalankan suatu ibadah dengan paham maka akan menimbulkan keyakinan yang kuat sehingga efek dari hal tersebut akan sangat luar biasa. Tengoklah sejarah Nabi Muhammad Saw, Sahabat bagaimana efek pemahaman yang sangat baik menimbulkan semangat yang luar biasa. Hal tersebut dibuktikan dengan Perang yang harus mereka lakukan saat berpuasa akan tetapi semangat berperangnya melebihi saat tidak berpuasa. Untuk itu otak kita harus selalu diberikan asupan pemahaman tentang keislaman seperti halnya tubuh kita diberikan asupan makanan.

Demikian share kami tentang Tips Sehat saat berpuasa semoga bermanfaat.
Yuk kita lakukan Ibadah Puasa tahun ini dengan sebaik-baiknya, agar sukses dunia dan akhirat bisa kita dapatkan, Aamiin.
Kami akan sangat berterima kasih apabila anda menyebar luaskan artikel Tips sehat saat Berpuasa ini pada akun jejaring sosial anda atau web anda, dengan URL : http://tokoklinkonline.blogspot.com/2014/07/tips-sehat-saat-berpuasa.html

Bookmark and Share

0 komentar... Baca dulu, baru komentar

Posting Komentar